Wednesday 31 July 2013

7 Tips Hemat Baterai Laptop


Harga baterai laptop cukup mahal. Ada yang harganya mencapai setengah dari harga beli laptop baru lengkap. Banyak pula laptop yang baterainya tidak dijual secara terpisah. Jadi, memperpanjang umur baterai laptop sudah menjadi sebuah keharusan. Berikut 10 tips sederhana yang dapat Anda ikuti agar baterai laptop tetap awet.
  1. Ketika laptop baru dibeli, baterainya biasanya masih kosong. Jangan langsung menyalakan laptop dengan baterai terpasang, sekalipun steker listrik tertancap ke PLN. Laptop harus dimatikan dulu, lalu baterainya di-charge selama 4-8 jam hingga lampu indikatornya menunjukkan full charge (biasanya lampu akan berwarna hijau).
  2. Jika tidak benar-benar perlu, lepaskan baterai dan gunakan listrik PLN langsung. Jika baterai terpasang, sistem charger akan bekerja dan mengisi baterai yang belum perlu diisi ulang. Ini menyebabkan baterai cepat bocor. Walaupun laptop modern memiliki sirkuit yang memastikan baterai tidak aktif jika sedang menggunakan listrik PLN, suhu panas dari charger/power supply dapat mempersingkat umur baterai.
  3. Pastikan untuk mengkonfigurasi pengaturan baterai laptop Anda dengan tepat. Aturlah periode Sleep laptop agar memungkinkan Anda menonaktifkan layar dan hard disk setelah beberapa saat komputer tidak digunakan. Tentukan periode ini sesingkat mungkin untuk memaksimalkan masa pakai baterai.
  4. Nonaktifkan Bluetooth dan WiFi ketika tidak diperlukan. Ketika Anda menonton film atau mengetik dokumen dan tidak perlu online, nonaktifkan semua perangkat nirkabel. Ini akan membantu menghemat daya, yang berarti ‘meringankan’ kerja baterai.
  5. Usahakan layar tidak terlalu terang. Layar terang membuat teks lebih jelas, tetapi lebih boros daya.
  6. Jangan gunakan screen saver yang menampilkan gambar, video, suara, dsb. Pilih saja Blank Screen Saver yang menampilkan layar hitam. Screen saver masa kini justru mengkonsumsi daya yagn lebih tinggi karena CPU, kartu video, dan LCD tetap aktif.
  7. Lepaskan semua perangkat eksternal ketika tidak diperlukan. Semua perangkat eksternal akan mengambil daya dari laptop Anda.
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment