Monday 29 July 2013

7 Fakta Unik Air Mata




On The Spot |Trans|7| - Episode tanggal 05 Juni 2013

loading... 


Semua manusia di bumi pasti mempunyai pengalaman menangis dalam hidup mereka, bahkan hari pertama mereka lahir sudah memiliki pengalaman menangis ataupun mengeluarkan air mata dalam hidup mereka.

Biasanya menangis terjadi ketika seseorang merasa sakit baik fisik maupun mental, ataupun ketika seseorang merasa sangat bahagia. Ini artinya bisa disimpulkan bahwa, menangis adalah cara untuk mengekspresikan emosi dalam diri seseorang dengan mengeluarkan air mata.

Pada umumnya, wanita lebih sering menangis daripada pria. Masyarakat telah membentuk opini bahwa perempuan lebih emosional, itu artinya lebih mudah bagi wanita untuk melepaskan air mata dan menangis. Bahkan menurut Fit Sugar, telah menyimpulkan dari penelitiannya tentang menangis, fakta unik tersebut yaitu:
  1. 85% wanita dan 73% pria mengaku bahwa marah dan kesedihan berkurang setelah menangis. Dan air mata tersebut tidak hanya diproduksi oleh perasaan saja. Air mata juga berfungsi untuk membersihkan dan melumasi mata, yang menyebabkan iritasi mata dan menguap dapat menyebabkan produksi air mata meningkat. Meskipun menghasilkan air mata, tetapi air mata emosional dengan air mata karena iritasi memiliki komposisi kimia yang berbeda.
  2. Mungkin benar, jika wanita dianggap lebih mudah menangis karena rata-rata wanita menangis sebanyak 47 kali dalam setahun sedangkan pria menangis hanya 7 kali dalam setahun. Hal tersebut bukan hanya karena perempuan lebih emosional ataupun lebih lemah dibandingkan pria namun dari fakta medis diketahui bahwa saluran air mata pada lelaki memiliki ukuran yang lebih kecil daripada wanita. Sedangkan pada bayi durasi normal menangis antara 1-3 jam sehari.
  3. Sebagian besar seseorang menghabiskan rata-rata 6 menit setiap kali mereka sedang menangis. Bukan hanya waktu ketika kebanyakan orang menangis tetapi durasinya juga.
  4. Mungkin kita harus berpikir lagi jika merasa sulit atau malu untuk mengeluarkan air mata. Para ahli mengatakan bahwa menangis tidak hanya merespon tunuh terhadap kesedihan dan rasa frustasi namun juga kesehatan.
  5. Salah satu cara untuk mengurangi rasa stress emosional adalah dengan cara menangis. Hal ini tentu sangat baik untuk kesehatan, karena stress bisa memberikan dampak negatif pada kesehatan seseorang. Maka dari itu telah disimpulkan dalam hasil penelitian, bahwa air mata mengandung hormon prolaktin yang efektif untuk melawan stress.
  6. Stress akan memiliki dampak yang buruk untuk kesehatan dan dapat meningkatkan resiko serangan jantung dan kerusakan otak. Maka dari itu menangis bisa membuat sehat karena dapat menghilangkan stress dalam diri seseorang.
  7. Para ahli mengatakan bahwa menangis dapat menurunkan tekanan darah dan denyut jantung sehingga membuat respon yang lebih baik terhadap pengobatan.
    Oleh karena hal diatas guys, tidak usah ragu ataupun malu lagi ya untuk menangis. Menangislah jika itu membuatmu lega.
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment