Thursday, 25 July 2013

7 Fakta Unik Sungai Nil


On The Spot |Trans7| - Episode Tanggal 25 Juli 2013

sungai nil 150x150 11 Fakta Menarik tentang Sungai Nil


Anda mungkin pernah mendengar ungkapan bahwa Mesir adalah “karunia Nil”.

Ungkapan yang masuk akal karena Mesir akan sulit dihuni tanpa kehadiran Sungai Nil.

Sungai Nil masih terus membanjiri tanah di Mesir dengan deposit sedimen hitam. Orang Mesir menyebut sedimen ini sebagai “Ar” yang berarti “hitam”.

Sungai Nil mendapatkan namanya dari kata Semit “Nahal” yang kemudian dinamai “Neilos” yang berarti lembah sungai.

Orang Mesir tepat ketika menyebut Nil sebagai “sungai kehidupan” karena telah memberikan hidup tidak hanya untuk tanah Mesir tetapi juga bagi tumbuhnya budaya dan peradaban.

Peradaban Mesir kuno berkembang di sekitar tepi sungai Nil yang subur sehingga memungkinkan membudidayakan berbagai tanaman untuk menunjang tumbuhnya peradaban.
Sungai ini juga menjadi sumber utama air untuk seluruh Mesir.

Berikut adalah berbagai Fakta Unik Sungai Nil:

1. Sungai Nil berasal dari Burundi yang terletak selatan khatulistiwa untuk kemudian mengalir ke arah utara, menyeberangi Afrika dan akhirnya bermuara ke laut Mediterania.

2. Nil merupakan salah satu sungai terpanjang di dunia. Dulu sungai ini dianggap terpanjang, namun studi terbaru menunjukkan bahwa Sungai Amazon mungkin lebih panjang dari Sungai Nil. Nil memiliki panjang sekitar 6.695 km dan mempunyai dua anak sungai.

3. Hanya 22% bagian sungai yang melewati Mesir. Negara lain yang juga dilalui Sungai Nil adalah Sudan, Burundi, Ethiopia, Zaire, Kenya, Uganda, Rwanda, dan Tanzania.

4. Kota-kota di Mesir yang dilalui Sungai Nil diantaranya adalah Kairo, Khartoum, Gondokoro, Aswan, Karnak, Thebes, dan Alexandria
.
5. Sungai Nil memiliki dua anak sungai yaitu Sungai Nil Biru dan Nil Putih. Volume air Nil sebagian besar terdapat di Nil Biru yang memberikan kontribusi lebih dari 50% dari volume keseluruhan air.
Nil Putih disebut demikian karena tampak keputihan akibat adanya lumpur. Nil Putih berasal dari Danau Victoria dan Nil Biru berasal dari Danau Tana di Ethiopia. Kedua anak sungai ini bergabung menjadi satu di Sudan dan terus mengarah ke utara.

6. Anak sungai utama dari Sungai Nil Putih adalah Bahr al Ghazal dan Sungai Sobat.

7. Sumber Sungai Nil masih diperdebatkan. Umumnya orang sepakat bahwa sumber sungai ini adalah Danau Victoria yang merupakan danau terbesar di Afrika.

Namun, pengamatan lebih lanjut menunjukkan bahwa di sisi utara danau terdapat air terjun yang disebut Ripon Falls yang memiliki lubang kecil di mana seharusnya air Sungai Nil berasal.

Namun hal ini tidak bisa dijadikan fakta yang kuat karena terdapat banyak sungai yang mengalir ke Danau Victoria.

Hingga akhirnya, Sungai Kagera dan anak sungainya yang disebut Ruvubu yang berada di Burundi dianggap sebagai sumber Sungai Nil.

Sumber
Comments
0 Comments

No comments:

Post a comment