Wednesday 31 July 2013

7 Penemuan Sederhana Tapi Sangat Berguna

1. Sedotan

 Headline

Sedotan pertama digunakan oleh kaum Sumeria pada sekitar 3.500-2.300 tahun SM, yang merupakan salah satu peradaban kuno di Timur Tengah.

Sedotan modern ditemukan oleh seorang pemilik pabrik kertas rokok berkebangsaan Amerika bernama Marvin C Stone. Penemuannya itu dipatenkan pada tanggal 3 January 1888.

 

2. Jarum jahit

 Headline

Jarum jahit telah digunakan selama ribuan tahun. Penggalian yang dilakukan di kepulauan Oland, di Alby, Swedia mengungkapkan bahwa jarum yang terbuat dari tulang telah digunakan sejak 6.000 tahun SM.

Bahkan jarum yang terbuat dari gading juga telah ditemukan di Kostenki, Rusia yang telah berusia 30 ribu tahun.

3. Tusuk gigi

 Headline

Tusuk gigi telah ada sebelum kedatangan manusia modern. Tengkorak gigi manusia Neanderthal dan Homo Sapiens telah menunjukkan bukti-bukti penggunaan alat untuk menusuk gigi.

Ini adalah alat tertua untuk membersihkan gigi. Mesin pembuat tusuk gigi pertama kali dikembangkan pada tahun 1869 oleh Alessandro Franco. Kemudian mesin serupa juga dipatenkan pada tahun 1872 oleh Silas Noble dan J.P. Cooley.

4. Sisir

 Headline

Pencipta sisir belum diketahui sampai saat ini, namun para arkeolog mengklaim bahwa sisir sudah ditemukan sejak 5.000 tahun lalu.

Salah satu bukti yaitu sisir tua yang terbuat dari emas yang diperkirakan dibikin pada tahun 400 SM, peninggalan bangsa Scythian, yang diketahui pernah hidup di Asia Tengah.

Di zaman dulu sisir terbuat dari tulang, tanduk, tempurung kura-kura, gading gajah, kayu, dan aneka logam. Baru pada tahun 1869, dua bersaudara Isaiah dan John Hyatt menciptakan bahan seluloid. Bahan itu pun kemudian dipakai sebagai bahan dasar dari pembuatan sisir.

5. Peniti

 Headline

Peniti awal mulanya berasal dari Mycenaeans sejak abad ke-14 SM, dikenal dengan nama fibulae. Saat ini bentuk peniti tidak seperti peniti yang kita kenal di masa sekarang ini.

Peniti moderen baru diciptakan pada tahun 1849 oleh Walter Hunt seorang penemu asal Winchester, Amerika Serikat. Penemuan ini sebenarnya dilatar belakangi oleh tekanan untuk membayar hutang sebensar US$15 kepada temannya.

6. Karet gelang

 Headline

Seorang penemu dan usahawan berkebangsaan Inggris bernama Stephen Perry merupakan orang pertama yang berhasil memperoleh paten untuk karet gelang.

Perry yang mempunyai perusahaan karet vulkanisir memperoleh paten untuk karet gelang pada tanggal 17 Mei 1845. Karet gelang yang dipatenkan Perry berbeda dengan karet gelang yang ada sekarang.

Karet gelang zaman sekarang sudah mengalami vulkanisasi, sehingga karet lebih elastis, tahan lama dan pastinya lebih bermanfaat.

7. Resleting

 Headline

Pada tahun 1851, Elias Howe menerima hak paten untuk alat bernama 'Automatic, Continuous Clothing Closure' yang merupakan cikal bakal resleting modern.

Namun, baru 42 tahun kemudian, yaitu pada tahun 1893, Whitcomb Judson mulai memasarkan alat serupa bernama 'Clasp Locker'.

Pada tahun 1913, Gideon Sundback yang merupakan seorang karyawan pada perusahaan Universal Fastener Company di Hoboken, New Jersey, AS, telah berhasil mendesain resleting moderen.

Sumber: Teknologi.inilah.com

Disusun: Cumantujuh.blogspot.com
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment