Friday 26 July 2013

7 Tips Merawat Kamera DSLR

http://2.bp.blogspot.com/-J03-lTMrXsg/UIOLNTIjqHI/AAAAAAAABN8/gEunUjujrxA/s1600/perawatan+kamera.jpg



Berapa harga kamera DSLR Anda? 3 juta, 5 juta, 8 juta, 10 juta atau bahkan diatas 20 juta? Berapapun harga DSLR Anda, tentunya harus dirawat dan dijaga sebaik-baiknya. Tidak sembarangan dalam hal perawatan kamera DSLR. Simak selengkapnya mengenai 7 Tips Merawat Kamera DSLR dengan baik, sebagai bahan referensi bagi Anda.

Sebenarnya dalam artikel ini bukan hanya membahas mengenai tips merawat kamera DSLR saja, namun juga termasuk dengan lensanya. Perlu Anda ketahui bahwa sebagian wilayah di Indonesia merupakan daerah tropis dengan kelembaban yang tinggi sekitar 70%. Kabar buruknya, tingkat kelembaban yang tinggi ini ternyata cukup memberi efek buruk bagi komponen kamera DSLR Anda.

Salah satunya adalah bisa menyebabkan kerusakan beberapa komponen elektronis maupun sensor kamera, ditambah jamur yang dapat tumbuh dan berkembang di bagian optik lensa. Jika hal ini terjadi maka siap-siap saja Anda pergi ke service center dan mengeluarkan biaya tambahan untuk memperbaikinya. Kira-kira pembersihan lensa dari jamur berkisar dari angka 200 ribu bahkan sampai 500 ribu lebih, tergantung tingkat kesulitannya.

Berikut ini adalah beberapa tips merawat kamera DSLR dengan baik yang difokuskan pada body:

1. Sebisa mungkin, jauhkan kamera Anda dari air atau tempat basah karena Air dapat menimbulkan kelembaban didalam internal kamera serta dapat membuat komponen internal kamera rusak. Agaknya pantangan ini tidak begitu berlaku dengan DSLR anti air (Waterproof atau Wheater sealed). Namun bukan berarti Anda bisa menyiram air semaunya sendiri terhadap kamera anti air.

2. Ingat, segera matikan kamera sebelum Anda mengeluarkan batere maupun memory card. Selain itu jika ingin menghubungkan kamera ke komputer Anda juga harus mematikannya. Perlu diketahui bahwa kamera memiliki sistem komputerisasi didalamnya dan bisa saja tidak tahan deng perubahan arus listrik secara mendadak.

3. Lebih baik jangan pernah meninggalkan kamera didalam mobil dengan jangka waktu yang lama, terlebih jika mobil Anda terkena panas matahari langsung. Kamera memiliki rentang suhu aman, untuk akumulasi panas ruangan dalam mobil bisa beresiko melebihi rentang tadi.

4. Jangan pernah meletakan kamera pada lemari yang terdapat kapur barus. Ya, segera jaukan kamera Anda dari kapur barus, karena bahan tersebut bisa merusak sirkuit elektronik.

5. Selalu pasang strap kamera Anda agar kamera tidak gampang terjatuh dengan tidak sengaja. Banyak kasus kamera rusak akibat terjatuh lantaran pemakainya tidak menggunakan strap. Jika tidak nyaman dengan strap bawaan, ada banyak strap lain yang dijual dan pilih yang paling nyaman.

6. Jika Anda memotret di wilayah pantai, segeralah bersihkanlah kamera Anda dengan lap bersih dengan sedikit dibasahi guna menghilangkan sisa garam yang menempel pada body dan lensa kamera. Setelahnya lap lagi dengan lap kering. Perlu diketahui bahwa kandungan garam yang ada dipantai bersifat korosif bagi komponen logam dalam kamera serta lensa. Inilah yang berpotensi menghasilkan karat.

7. Lebih baik kamera Anda pada area yang kering serta tidak terkena cahaya matahari langsung. Akan lebih baik lagi jika Anda menggunakan dry box maupun dry cabinet sehingga Anda dapat mengontrol tingkat kelembaban. Cara yang paling banyak dipakai adalah dengan memakai silica gel.


Demikian beberapa tips merawat kamera DSLR dengan baik. Lalu bagaimana dengan perawatan lensa?

Yang pasti Anda harus selalu mengetahui kebersihan lensa. Jika ingin membersihkannya, Anda bisa menggunakan cairan khusus pembersih lensa. Hanya saja Anda tidak boleh menyemprotkan secara langsung, gunakan lap microfiber dan gunakan cairan tersebut sewajarnya.

Satu hal lagi yang tidak boleh Anda lupakan dan juga merupakan hal yang fatal adalah menyimpan penutup lensa atau lens cap. Saat memotret sering kali kita dengan sembarangan meletakan lens cap pada sembarang tempat, bisa disaku, meja atau tempat terbuka. Terlebih jika sedang berada pada outdoor.

Padahal bisa saja debu dan kotoran menempel pada lens cap lalu Anda setelah selesai Anda memasangnya pada lensa. Lebih baik Anda letakan penutup ini pada tas kamera dan bersihkan sebelum Anda memasangnya kembali.

Selamat merawat DSLR Anda, semoga terhindar dari berbagai kerusakan yang tidak diinginkan.
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment