Wednesday 31 July 2013

7 Tips Menghindari Flu

Musim hujan memang bersahabat dengan flu. Dan flu sangat mudah menular. Maka, tak heran jika Anda suka menghindar dari mereka yang sedang terserang flu. Tapi, jika tak memungkinkan bagi untuk menghindari, Anda tetap bisa ’menangkis’ serangan flu. Kami beritahu caranya.
  1. Cuci tangan awal hidup sehat. Tangan merupakan perantara yang paling disukai virus flu. Ia dapat dengan mudah berpindah ke tubuh saat tangan Anda mulai menyentuh area wajah, khususnya hidung dan mulut. Biasakan rajin mencuci tangan sabun antiseptik. Mencuci tangan tidak cukup hanya pada bagian telapak, tapi perhatikan juga bagian sela-sela jari Anda.
  2. Kurangi minuman alkohol. Konsumsi alkohol secara berlebihan dapat mengundang masalah ke dalam hidup Anda. “Saat mengonsumsi alkohol, zat tersebut akan diserap oleh lambung, masuk ke dalam aliran darah dan tersebar ke seluruh jaringan tubuh,” kata Dr. dr. Iris Rengganis, SpPD, K-AI, dari Divisi Alergi Imunologi Klinik RSCM/FKUI. Saat alkohol masuk ke dalam aliran darah, ia akan menurunkan kemampuan sel darah putih untuk melindungi tubuh dari serangan berbagai penyakit, termasuk flu.
  3. Tutup mulut. Sat batuk atau bersin, cara terbaik adalah dengan menggunakan tissue. Tapi jangan mengantonginya dan menggunakannya lagi saat Anda batuk atau bersin yang berikutnya, karena itu sama buruknya. Segera buang tissue yang telah digunakan. Dan jika Anda lebih suka menggunakan tangan, segera cuci tangan dengan sabun.
  4. Menghirup udara segar. Sempatkan diri untuk menghirup udara segar selama 1 jam saat makan siang. Selain itu, tak ada salahnya juga untuk menghabiskan akhir pekan dengan berlibur ke tempat yang berudara segar.
  5. No Smoking, Please! “Hasil penelitian yang dilakukan di Hongkong memperlihatkan risiko infeksi flu yang lebih tinggi di kalangan perokok dibandingkan dengan orang yang tidak merokok,” kata dr. Iris. Merokok dapat menurunkan fungsi cilia -rambut-rambut halus yang berada di dalam hidung. Padahal, cilia bekerja untuk menyaring udara yang masuk melalui hidung sebelum sampai ke paru-paru dari kuman dan virus. 
  6. Bantuan dari Suplemen.  Anda bisa memulainya dengan memenuhi kebutuhan zinc, yang membantu tubuh menyerap vitamin A yang berguna untuk melawan infeksi. Para peneliti dari University of Florida menemukan konsumsi 15mg zinc secara rutin dapat mengurangi durasi flu dari 10 hari menjadi 7 hari pada 73% orang. 
  7. Sekali Lagi, Olahraga! Olahraga dapat meningkatkan pergerakan sel darah putih. Sel ini bekerja melawan serangan virus yang masuk ke dalam tubuh. Sekadar jogging atau berenang –setidaknya 30 menit setiap hari– dapat membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh Anda.
Sumber: Menshealth.co.id
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment