Tuesday 28 January 2014

7 Tempat Terbaik Menggantungkan Gembok Cinta

Di dunia ada berbagai cara untuk mengekspresikan cinta secara nyata, dimulai dari ukiran pada meja sekolah hingga dimunculkan dalam lagu atau puisi. Namun ada cara lain untuk menunjukkan cinta sepasang kekasih yang sering muncul dalam zaman modern sekarang ini, yaitu gembok cinta atau dikenal juga sebagai love padlock. Berikut 7 tempat terbaik di dunia untuk menggantungkan gembok cinta (love lock).
 
Love padlock atau gembok cinta adalah sebuah tradisi yang mengikutsertakan sepasang kekasih dan sebuah gembok (terkadang dua). Mereka mengunci gembok tersebut pada sebuah tempat romantis yang menunjukkan bahwa mereka telah mengunci cinta mereka bersama sampai akhir dan kemudian melempar kunci dari gembok tersebut bersama-sama. Orang-orang mempercaya love lock ini akan membuat cinta mereka abadi.
 
 
1. Dermaga Hati, Jakarta, Indonesia
Indonesia Love Padlock
Di Indonesia juga ada kawasan bagi para romansa yang ingin menggantungkan gembok cinta mereka yaitu di kawasan Ancol, Jakarta Utara. Pada dermaga Ancol didirikan simbol kayu yang dilengkapi dengan rantai sepanjang dermaga. Rantai inilah yang menjadi tempat bagi para kekasih untuk menggantungkan gembok mereka. Memang jumlahnya belum dapat dibandingkan dengan gembok cinta pada negara lain, namun Anda tidak perlu berpergian jauh untuk mengunci cinta Anda.
 
Ancol memang terkenal sebagai kawasan cinta, di samping dari gembok cinta Anda juga dapat menikmati hiburan lain pada Ancol seperti Seaworld, Dufan, Ecopark dan seterusnya. Cocok bagi Anda yang ingin menambah foto di album romantis Anda.
 
 
2. Huangshan, Cina
Huangshan Love Padlock
Di dunia ini ada puluhan tempat untuk menggantukan gembok cinta atau love padlock, tapi salah satu tempat terbaik adalah di Gunung Huang atau Huangshan, Anhui, Cina. Dikenal juga sebagai 'gunung paling romantis di Cina.' Dengan pemandangan yang indah dan lingkungan yang romantis maka tempat ini cocok disebut demikian, bahkan Anda akan melihat bahwa hampir pegangan jembatan dipenuhi oleh gembok cinta ini.
 
Suasana romantais in juga didukung dengan sebuah legenda lokal yang mengatakan bahwa alkisah ada seorang wanita cantik yang jatuh cinta dengan pria miskin. Ayahnya tidak menyetujui hal tersebut dan menjodohkan si wanita ke seorang pria kaya. Pada hari pernikahannya, wanita cantik itu kabur bersama pria miskin ke Huangshan dan bersama-sama mereka melompat dari gunung tersebut untuk dapat bersama selamanya.
 
 
3. Pécs, Hungaria
Hungaria Love Padlock
Kota yang dinyatakan UNESCO sebagai harta dunia ini merupakan salah satu kota di dunia yang penuh dengan gembok cinta. Bahkan karena gembok cinta ini sudah kelewat banyak, ada berbagai upaya yang dilakukan untuk menghentikan hal ini, namun orang-orang tetap menggantungkan gembok cinta mereka di berbagai tempat sekitar town square (alun kota). Hal ini membuat Pécs menjadi salah satu tujuan wisata romantis.
 
Pada awalnya di tahun 1980, gembok-gembok tersebut juga digunakan oleh murid-murid untuk menandakan kelulusan mereka. Namun sesudah pagar tersebut penuh dengan gembok, hanya kekasih-kekasih dari penjuru dunia yang menggunakan gembok tersebut sebagai penanda keabadian cinta mereka.
 
 
4. North Seoul Tower, Korea Selatan
Seoul Tower Love Lock
N Seoul Tower, yang lebih dikenal dengan nama Seoul Tower atau Namsan Tower adalah menara observasi dan komunikasi yang juga menandakan titik tertinggi Korea Selatan (Seoul). Di pagar pada dasar menara ini dipenuhi oleh gembok cinta yang menandakan sumpah para kekasih bahwa mereka tidak akan pernah berpisah. Para kekasih yang merasa bosan dengan susasana perkotaan dapat pergi ke tempat ini untuk menikmati suasana romantis yang mengagumkan.
 
Ribuan gembok cinta atau love lock ada di semua pagar menara ini dan saking popularnya, pada menara ini dibuat sebuah tanda yang bertuliskan: "Sebuah Janji untuk Cinta Tiada Akhir 'I Love You.'" Kebanyakan gembok cinta ini juga ditandatangani oleh pemiliknya yang berisikan janjinya tersendiri.
 
 
5. Pont des Arts, Paris
Lover Bridge Love Padlock
Pont des Arts, Passerelle des Arts, Pont de l'Archevêché, Lover Bridge, Kissing Bridge, adalah nama-nama yang merujuk ke jembatan romantis dengan pemandangan indah di Paris. Jembatan ini sering muncul di berbagai film, salah satunya adalah Now You See Me (2013), dimana pada film tersebut ditunjukkan bahwa jembatan tersebut dihiasi dengan banyak gembok cinta.
 
Sayangnya, pihak berwajib tidak menyetuji gembok cinta ini karena dipandang merusak tampilan kebudayaan dan kecantikan jembatan. Walaupun begitu jika Anda beruntung maka Anda dapat memasang gembok cinta dengan kekasih Anda di jembatan ini. Jika tidak, maka masih banyak yang dapat Anda lakukan di kota yang terkenal akan romansanya ini. Sekedar pengetahuan, gembok cinta dalam bahasa Perancis adalah cadenas de l'amour.
 
 
5. Hohenzollern Bridge, Cologne, Jerman
German Love Lock
Keunikan dari gembok cinta pada jembatan ini adalah gembok-gembok cinta di jembatan ini bukan gembok polos biasa, para kekasih lokal akan mencantumkan nama, hari jadi, atau hari pernikahan mereka pada gembok tersebut baik dengan mengukirnya bahkan sampai membuatnya secara khusus. Jembatan ini adalah salah satu jembatan paling popular di Eropa bagi para kekasih muda baik lokal maupun dari berbagai belahan dunia.
 
Kebiasaan yang sudah berlangsung dari tahun 2008 ini telah membuat pagar sepanjang 409 meter ini penuh dengan berbagai aneka love padlock dimulai dari jenis dan bentuknya.
 
 
7. Luzhkov Bridge, Rusia
Moscow Love Padlock
Jika gembok cinta di tempat lain hanya digantungkan begitu saja pada sepanjang pagar jembatan atau rantai jembatan, maka Luzhkov Bridge yang terletak di Moscow, Rusia, ini memiliki keunikannya sendiri. Pada tempat ini pohon-pohon yang Anda lihat bukanlah pohon natural melainkan pohon besi yang menandakan cinta para kekasih di Rusia.
 
Karena kepopuleran gembok cinta di jembatan ini, para pihak berwajib menempatkan sebuah struktur menyerupai pohon yang menjadi tempat dari gembok cinta ini. Dengan banyaknya gembok cinta yang bermunculan, struktur pohon tersebut akhirnya benar-benar menjadi pohon besi yang terbuat dari gembok cinta. Biasanya gembok cinta tersebut digantungkan oleh pasangan yang baru menikah.
 
Cumantujuh.blogspot.com
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment