Thursday 23 January 2014

7 Fakta Unik Lubang Hitam Yang Mungkin Belum Anda Ketahui

http://astronesia.blogspot.com/
Ilustrasi lubang hitam
Lubang hitam adalah sebuah pemusatan massa yang cukup besar sehingga menghasilkan gaya gravitasi yang sangat besar. Gaya gravitasi yang sangat besar ini mencegah apa pun lolos darinya kecuali melalui perilaku terowongan kuantum. Medan gravitasi begitu kuat sehingga kecepatan lepas di dekatnya mendekati kecepatan cahaya.

Tak ada sesuatu, termasuk radiasi elektromagnetik yang dapat lolos dari gravitasinya, bahkan cahaya hanya dapat masuk tetapi tidak dapat keluar atau melewatinya, dari sini diperoleh kata "hitam".Dengan sifat seperti itu,lubang hitam kadang melanggar hukum fisika.

Dan berikut 7 fakta menarik lubang hitam yang mungkin belum anda ketahui :

1. Salah Satu Objek Terpadat Di Alam Semesta
Massa lubang hitam sangat besar namun memiliki volume yang sangat kecil.

2. Beberapa Lubang Hitam Memiliki Massa Miliaran Kali Dari Massa Matahari Kita
Objek ini dikenal sebagai lubang hitam supermasif yang umumnya terletak di inti galaksi.Mereka bertanggung jawab atas evolusi galaksi.Namun bagaimana cara mereka terbentuk tetap masih menjadi misteri sampai saat ini.

3. Lubang Hitam Bukan Pembersih Kosmik
Ada beberapa kesalahpahaman tentang kekuatan gravitasi lubang hitam. Ketika mendekati "permukaan" lubang hitam, gravitasi menjadi sangat besar. Bahkan, cahaya tidak dapat melarikan diri setelah melintasi cakrawala peristiwa (mulut lubang hitam). Namun, jika matahari kita tiba-tiba diganti dengan lubang hitam bermassa mirip Matahari, gaya gravitasi yang dialami oleh bumi tidak akan berubah. Hanya ketika Anda mendekati lubang hitam (dalam radius matahari) anda jelas akan terhisap.

4. Jika Seseorang Masuk Kedalam Lubang Hitam Akan Menjadi "Spagettified"
Jika seseorang kakinya yang masuk pertama ke dalam lubang hitam, gaya pada kaki mereka akan lebih kuat dari gaya yang dialami di kepalanya.Selain itu, karena semua jalur titik kekuatan berada di pusat lubang hitam, orang tersebut juga akan diperas di dalam.Hasil akhirnya jika orang semakin dekat dan lebih dekat ke lubang hitam, mereka akan berbentuk spagettified.Anda tahu kan bentuk spaghetti seperti apa?

5. Kecoa Kemungkinan Selamat Jika Jatuh Ke Lubang Hitam
Menariknya,jika manusia jatuh ke lubang hitam,dia akan menjadi "spagettified" yang disebabkan oleh gaya gravitasi,tetapi jika kecoa yang masuk kemungkinan akan bertahan lebih lama.Alasannya adalah kecoa lebih kecil sehingga perbedaan gaya dari bawah ke atas yang dia rasakan juga jauh lebih kecil.Selain itu, mereka memiliki kerangka yang relatif kuat.

6. Cahaya Tidak Dapat Melarikan Diri Dari Lubang Hitam
Seperti yang disebutkan sebelumnya, setelah cahaya melintasi cakrawala peristiwa maka cahaya itu tidak bisa lepas dari cengkeraman lubang hitam.Hal ini karena setelah titik ini dilintasi,sebuah objek harus memiliki kecepatan yang lebih cepat dari cahaya untuk melarikan diri dari dalam lubang hitam.Menurut pengetahuan kita sampai saat ini,tidak ada objek atau materi yang melampaui kecepatan cahaya.

7. Studi Lubang Hitam Semuanya Hanya Teori
Sama dengan gambar galaksi kita jika menampilkan gambar spiralnya yang semuanya hanya gambar ilustrasi,studi lubang hitam juga semuanya hanya sebatas teori.Ini karena belum ada wahana buatan manusia yang pernah mendekati lubang hitam disebabkan oleh lokasi lubang hitam terdekat sangat jauh.Jarak lubang hitam supermasif di inti bima sakti sekitar 27.700 tahun cahaya.


Sumber - Astronesia.blogspot.com
Cumantujuh.blogspot.com
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment