1. Terowongan Laerdal
Lokasi: Sogn og Fjordane, Norwegia
Latar Belakang: Sekitar 5.000 ledakan berbeda dilakukan selama fase konstruksi Terowongan
Laerdal, yang membentang di bawah pegunungan Norwegia dan fjord
sepanjang 15 mil, dan ini merupakan terowongan yang dibangun dengan
waktu terlama di dunia.
Mengapa Unik : Berkendara melalui terowongan
selama 20 menit bisa sangat monoton, sehingga tim psikolog dan insinyur
terfokus pada bagaimana mempertahankan konsentrasi pengemudi. "Reaksi
psikologis seseorang di dalam terowongan sangat penting ... hal itu
membuat perbedaan antara orang-orang menerima fasilitas atau hanya
sekadar menghindari hal itu," kata Youssef Hashash, profesor Teknik
Sipil dan Lingkungan di University of Illinois, yang telah bekerja 10
proyek terowongan yang berbeda. "Mengingat panjangnya terowongan
ini, Anda memerlukan lingkungan yang dirancang dengan hati-hati dan
sistem pencahayaan yang baik." Beberapa solusi yang digunakan dalam
terowongan Laerdal termasuk lampu biru terang dan tikungan tikungan
halus yang terus membuat driver konsentrasi. Paling penting adalah
kenyataan bahwa terowongan ini dibagi menjadi beberapa bagian yang
berbeda, bisa mengistirahatkan pengemudi dan menciptakan kesan bahwa
penumpang bepergian melalui beberapa terowongan yang lebih kecil.
2. Terowongan Channel
Location : Coquelles, Perancis
Latar
Belakang: Umumnya dikenal sebagai Chunnel, truktur raksasa ini
menghubungkan Inggris dan Perancis. Selesai pada tahun 1994, terowongan
31-mil ini menghabiskan biaya melebihi $ 20 miliar.
Mengapa
Unik : Menghubungkan Perancis dan Inggris melalui Selat Inggris adalah
sebuah ide yang telah dicetuskan ratusan tahun yang lalu. "Ada
usaha-usaha sebelumnya untuk membangun terowongan di sini, tapi mereka
berhenti karena berbagai alasan, baik teknis dan politik," kata Hashash.
setelah diketemukan teknologi modern, dan menimbang manfaat jika kedua
negara dapat dihubungkan, maka dimulailah mega proyek ini. Karena
panjangnya, desainer membangun terowongan lain yang lebih kecil untuk
jalan melarikan diri jika terjadi kebakaran atau kecelakaan di dalam
terowongan.
3. Terowongan Zion-Mount CarmelLokasi : Zion Canyon, Utah
Latar
Belakang: Pengemudi akan menemukan struktur ini di antara Gunung Sion
di Taman Nasional Utah dan Bryce Canyon National Park.
Mengapa
Unik: Serangkaian jendela berukir menghiasi sisi terowongan sebagai
sarana pengemudi menikmati pemandangan. "Ketika Anda meninggalkan Sion
menuju ke Bryce, Anda mendaki jalan ini dan pergi melalui terowongan
yang indah ini. Anda dapat melihat formasi batu karang dan pemandangan
cantik," kata Hashash. Karena terowongan dibangun menembus batu pasir,
yang relatif soft rock, insinyur harus memperkuat struktur beberapa kali
selama 80 tahun, menambahkan rusuk beton dan sistem pemantauan 24 jam.
4. Terowongan SmugglingLokasi : Tijuana, Mexico
Latar
Belakang : Penjahat telah menggunakan terowongan bawah tanah untuk
melakukan segala macam kejahatan, termasuk perampokan bank dan
penyelundupan narkoba. Selama dekade yang lalu, terowongan penyelundupan
telah ditemukan di wilayah AS, berasal dari Kanada dan Meksiko.
Mengapa
Unik : Pada bulan Desember, para pejabat Amerika Serikat dan Meksiko
menemukan terowongan sepanjang 1000 kaki, yang mengarah ke AS, meskipun
tidak selesai, terowongan ini sudah dilengkapi dengan pencahayaan,
sebuah sistem ventilasi, listrik, dan bahkan lift. Sebuah pernyataan
dari Drug Enforcement Agency (DEA) menunjukkan bahwa terowongan dibangun
selama dua tahun.
5. Marmaray TunnelLokasi : Istanbul, Turki
Background:
Konstruksi terowongan antarbenua ini dimulai pada tahun 2004, tetapi
penemuan-penemuan arkeologi dari zaman Bizantium dan rintangan lainnya
telah menunda penyelesaiannya.
Mengapa
Unik : Terowongan tabung terbenam ini akan menjadi yang pertama yang
menggabung dua benua yang berbeda, yang berjalan dibawah Selat Bosporus
untuk menghubungkan sisi Eropa Istanbul dengan sisi Asia. Terowongan
Marmaray merupakan terowongan tabung terbenam terdalam di dunia, dengan
kedalaman maksimum 180 meter.
6. Thames TunnelLokasi : London, Inggris
Latar
Belakang: Pada pandangan pertama Terowongan Thames tidak tampak
mengesankan; panjang 1.300 kaki dan kedalaman 75-kaki dan tampak pucat
dibandingkan dengan terowongan lain. Tapi Terowongan Thames adalah
tonggak sejarah dalam terowongan rekayasa.
Mengapa
Unik : "Ini adalah terowongan bawah air pertama, dan itu adalah pertama
kalinya konsep perisai tunneling digunakan," Hashash menceritakan. "Ini
adalah tonggak utama." Perisai tunneling adalah suatu alat yang
dikembangkan oleh Sir Marc Isambard Brunel yang berfungsi sebagai
dukungan sementara struktur, konstruksi yang memungkinkan kru untuk
aman, dan datar, menginstal sistem dukungan permanen di bawah air.
Membangun Terowongan Thames itu seperti hal yang baru pada awal abad
ke-19 bahwa pengunjung akan membayar untuk bisa masuk di dalam lokasi
konstruksi, dan bahkan Brunel konser dan jamuan makan di dalam struktur
yang belum selesai. Ketika terowongan selesai pada 1843, Ratu Victoria
memberikan gelar kebangsawanan kepada Brunel untuk jasanya dalam dunia
konstruksi.
7. Seikan TunnelLokasi : Honshu, Japan
Latar
Belakang : Terowongan sepanjang 33,5-mil ini menghubungkan pulau Honshu
dengan pulau Hokkaido. Konstruksi selesai pada tahun 1988.
Mengapa
Unik : Terletak di 787 meter di bawah permukaan laut, Seikan Tunnel
adalah terowongan terdalam di dunia. Selain itu, dengan panjang 33,5 mil
membuat terowongan terpanjang yang sedang digunakan. Penggalian kawasan
geologi dan batuan volkanik yang membosankan dicegah para insinyur
dengan menggunakan mesin canggih, memaksa mereka untuk menghancurkan dan
menggali dengan cepat di bawah Selat Tsugaru.