Tuesday 18 February 2014

7 Fenomena Laut Paling Menkajubkan

Laut merupakan kumpulan air asin yang sangat luas yang ada di permukaan bumi. Selain menyimpan banyak jenis hewan, laut juga kerap menunjukan fenomena-fenomena aneh yang sangat menakjubkan.

Beberapa fenomena tersebut bahkan pernah dijelaskan dalam Al Quran jauh sebelum ditemukan. Berikut 7 fenomena laut paling menkajubkan versi Wowmenariknya.blogspot.com.

7. Bioluminescence



Fenomena ini bisa dibilang paling indah yang pernah terjadi, di mana reaksi kimia alami yang disebut bioluminescence, terjadi ketika sebuah mikro-organisme di dalam air terganggu oleh oksigen dan menyebabkan bakteri bioluminescent bersinar.

Foto fenomena menakjubkan ini diambil oleh seorang fotografer bernama Doug Perrine saat berkunjung ke Vaadhoo, salah satu pulau Raa Atoll di Maladewa.



6. Pasang Merah


Fenomena menakjubkan selanjutnya yaitu pasang merah atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan sebutan 'red tide'. Fenomena pasang merah disebabkan oleh beberapa spesies ganggang sehingga air di bagian pesisir terlihat berwarna merah.

Dibalik keindahannya, pasang merah ternyata dikaitkan dengan produksi racun alami. Efek yang paling mencolok yaitu menyebabkan kematian beberapa hewan yang terkena pasang merah.

Pasang merah pernah terjadi di lepas pantai La Jolla San Diego, California.

5. Brinicle


Sebuah brinicle atau air garam es membentuk es bawah laut ketika aliran air sangat dingin. Fenomena aneh ini terjadi ketika air yang kaya akan garam bocor dari es laut, kemudian tenggelam ke dalam laut dan membentuk jenis es yang unik.

Brinicle biasanya terjadi di perairan laut yang bersuhu dingin seperti di kutub Utara dan Selatan. Fenomena ini juga bisa sangat berbahaya untuk makhluk yang hidup di dalam laut.

4. Bunga Es


Jika disentuh bunga es sangat halus dan terlihat sangat indah. Fenomena bunga es biasanya kerap ditemukan di perairan laut dingin. Bunga es biasanya terbentuk ketika kondisi cuaca sangat dingin, ketika angin bertiup sangat sedikit.

Dinamakan bunga karena sangat mirip seperti bunga, tapi sudah membeku. Mereka dapat tumbuh dengan diameter yang mencapai 4 cm.

3. Pertemuan Dua Lautan


Ini merupakan fenomena yang sangat menakjubkan di mana Samudera Atlantik dan Mediterania bertemu, tapi tidak bercampur satu sama lain.

Yang lebih menakjubkannya lagi, pertemuan dua lautan ini sudah dijelaskan dalam Al Quran sejak zaman dulu. "Dia membiarkan dua lautan mengalir yang keduanya kemudian bertemu. Antara keduanya ada batas yang tidak bisa dilampaui masing-masing." (Q.S Ar-Rahman: 19-20).

2. Sungai di Dasar Laut


Tentang fenomena sungai di dasar laut juga pernah dijelaskan dalam Al Quran sejak zaman dulu. Sungai ini memiliki air tawar yang mengalir di dasar laut yang asin dan juga ditumbuhi dengan daun dan pohon.

"Dan Dialah (Allah) yang membiarkan dua laut mengalir (berdampingan), yang satu tawar dan segar dan yang lainnya asin. Dia jadikan antara keduanya dinding dan batas yang tidak tembus." (Q.S Al Furqan: 53).

1. Api di Dasar Laut


Api di dasar laut ini mirip seperti gunung berapi di darat yang mengeluarkan lava cair dan abu vulkanik. Suhunya tak tanggung-tanggung yang mencapai 231 derajat Celcius. Meskipun sangat panas, tapi tidak cukup untuk memanaskan air yang berada di atasnya, begitupun seluruh air tersebut tidak mampu memadamkan api tersebut.

Tentang api di dasar lautan juga pernah dijelaskan oleh Al Quran sejak dulu, "Demi bukit. Dan kitab yang tertulis. Pada lembaran yang terbuka. Dan demi Baitul Makmur (Ka'bah). Dan demi surga langit yang ditinggikan. Dan demi laut, yang di dalam tanah ada api." (Q.S At-Thur: 1-6).



Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment