Tuesday 25 June 2013

7 Fenomena Alam Paling Menakjubkan Di Dunia

Tuhan memang Maha Besar. Dia mampu menciptakan apapun di dunia ini yang terkadang bikin kepala kita sebagai manusia menggeleng takjub. Ada banyak Fenomena Alam ciptaan Tuhan yang sangat menakjubkan. Berikut 7 diantaranya:

7. Geyser


 Fenomena alam paling menakjubkan yang pertama adalah Geyser. Geyser merupakan fenomena muntahnya air hangat dari dalam tanah. Sebelum muntah, air di seputar pertama-tama mendidih, lalu membentuk balon-balon air yang meluap, kemudian meledak ke udara dengan daya dorong yang kuat. Geyser muncul secara periodik. Di Islandia, geyser dapat muncul selama delapan menit sekali dan dapat menyembur setinggi 20 hingga 30 meter ke udara. Sangat menakjubkan.

6. Hell Gate

Konon fenomena berikutnya cuma terdapat di Turkmenistan, sebuah negara yang berada di antara Iran dan Uzbekistan. Masyarakat internasional menyebutnya hell gate atau pintu gerbang neraka. Disebut demikian karena fenomena alam ini berupa sebuah lubang besar yang dikelilingi dan diiisi oleh api. Secara ilmiah dikatakan bahwa hell gate terbentuk karena curahan gas yang berlimpah di area tersebut. Jika dilihat pada malam hari dari jarak kejauhan, hell gate tampak sangat indah.

5. Mystery Spot

Fenomena alam paling menakjubkan yang ketiga adalah mystery spot di California, Amerika. Yang dimaksud dengan mystery spot adalah sebuah area yang memiliki kualitas gravitasi (daya tarik bumi) yang tidak normal. Pada satu titik, jika ada dua orang yang berukuran tubuh berbeda lalu berdiri secara bersama-sama, maka tingginya bisa nampak sama. Uniknya lagi, jika seseorang memiringkan sebuah benda ke kanan, maka beda tersebut justru miring ke kiri. Fenomena ini sangat memukau. Berminat merasakannya secara langsung?

4. Sundog

Ada berapa matahari di dunia ini? Tentu jumlah matahari di galaksi kita cuma ada satu. Namun pernah terlihat di beberapa negara matahari tampak muncul lebih dari satu. Bahkan di Cina pernah disaksikan matahari muncul sebanyak empat yang bersinar sekaligus. Oleh para ahli fenomena ini disebut dengan istilah sundog. Sundog merupakan fenomena atmosfir yang menimbulkan titik-titik cahaya dilangit. Bentuknya seperti cincin raksasa yang bersinar. Pada cincin itu terdapat dua hingga empat titik cahaya besar yang menyerupai matahari. Jadi, jika suatu ketika Anda menyaksikan ada dua hingga empat cahaya terang di langit, itu bukan matahari, melainkan sundog.

3. Yucatan


Siapa menyangka bahwa di bawah hutan yang lebat di Meksiko terdapat dunia air bawah tanah. Untuk masuk ke dunia air bawah tanah Yucatan ini, biasanya seseorang harus masuk ke dalam lubang-lubang yang terdapat di sekitar hutan. Lubang-lubang itu menuju ke bawah dan membawa kita ke sebuah lokasi berkumpulnya air berbentuk danau yang sangat indah. Tempat ini dulu dipercaya sebagai lokasi bersembahyang suku Maya kuno. Menurut para penyelam, Yucatan merupakan surga untuk melakukan cave diving.

2. Jabal Magnet

Fenomena alam selanjutnya adalah Jabal Magnet di Madinah. Di Madinah terdapat sebuah fenomena anomali gravitasi. Lokasinya berada di bebukitan. Di lokasi ini, sebuah mobil tetap dapat berjalan naik ke atas bukit meski mesinnya sedang dimatikan. Kabarnya, hal tersebut bisa terjadi karena di sekitar puncak bukit terdapat kandungan magnet yang sangat besar. Jika Anda berkunjung ke sana, berhati-hatilah saat parkir. Mobil Anda bisa saja berjalan sendiri menuju bukit.

1. Api Terjun (Horsetail Fall)

Fenomena alam paling menakjubkan di dunia yang terakhir adalah horsetail fall atau api terjun yang terdapat di California. Api terjun sebenarnya adalah air terjun biasa. Namun khusus pada bulan Februari, air terjun ini mendapat limpahan cahaya matahari yang berlimpah, sehingga mampu menciptakan sebuah pandangan bahwa air yang terjun ke bawah berwarna sangat merah, mirip dengan api. Sungguh menakjubkan untuk dinikmati oleh mata.

Demikian 7 Fenomena Alam Paling Menakjubkan Di Dunia versi On The Spot.
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment