Tuesday, 13 May 2014

7 Kota Dalam Gua Paling Keren Di Dunia



Gua biasanya identik dengan nuansa gelap, suram, lembab dan menyeramkan. Tapi 7 tempat ini punya gua yang disulap jadi bangunan keren. Penasaran?

1. Goreme, Turki

Goreme adalah kota kecil di Cappadocia, Turki. Inilah desa gua yang paling terkenal dan diakui di dunia. Terang saja, gua yang ada di sini disulap jadi bangunan dengan arsitektur cantik.

Sebut saja kawasan sekitar Goreme Natural Park. Ini adalah gua yang sudah ada sejak era Bizantium. Ada banyak lukisan dan pahatan keren di dinding gua yang bisa Anda lihat.

2. Petra, Yordania

Kota Petra di Yordania memang jadi magnet kuat bagi banyak traveler di dunia. Terukir di tebing terjal, kota ini tersembunyi ratusan tahun lamanya. Usut boleh usut, kota ini diukir oleh Bangsa Nabatea yang hidup di abad ke-6 masehi.

Menjelajah Kota Petra asyiknya menggunakan hewan sebagai alat transportasi. Anda bisa memilih unta, kedelai, atau kuda untuk ditunggangi. Berkelilinglah dan saksikan kemegahan Petra lewat pahatan bangunan kota yang tersisa di dinding tebing.

3. Myra, Turki

Kota kuno Myra adalah kota gua lain yang bisa Anda temui di Turki. Yang paling menonjol dari kota ini adalah keberadaan Necropolis. Inilah makam yang diukir di dalam tebing. Tak hanya makam, dalam Necropolis juga terdapat pahatan dan ukiran kuno yang agak membuat mata Anda terbelalak.

4. Vardzia, Georgia

Georgia ternyata juga punya desa yang dibangun di dalam gua, yakni Vardzia. Desa ini memiliki biara hasil pahatan sebuah tebing. Biara ini ternyata bangunan di gua yang sudah ada sejak abad ke-12.

Masuk ke dalam, ada sekitar 6.000 kamar tersimpan dan bisa menampung 40.000 orang. Namun, saat ini fungsi bangunan telah berubah menjadi museum. Meski begitu, Anda tetap bisa melihat kemegahannya.

5. Guadix, Spanyol

Kota gua Guadix di Spanyol adalah salah satu desa dalam gua yang masih dihuni penduduk. Ada lebih dari 2.000 rumah gua mengisi Guadix. Tak hanya rumah, Guadix juga memiliki katedral yang dibangun di dalam tebing gua. Keren!

6. Lalibela, Ethiopia


Siapa sangka Ethiopia juga punya kota dalam gua yang keren, Lalibela namanya. Di kota ini, Anda bisa melihat 11 gereja di dalam batu yang benar-benar mengesankan. Tak hanya itu, wisatawan juga bisa menjelajah labirin dalam gua yang menakjubkan.

7. Setenil de las Bodegas, Spanyol


Selanjutnya ada Setenil de las Bodegas di Spanyol. Uniknya, kota di Provinsi Cadiz ini dibangun di dalam tebing. Tak heran banyak wisatawan yang berdatangan untuk melihat langsung suasana kota di tebing ini.

Bagai memahat pegunungan tebing, seluruh bangunan di kota ini beratapkan tebing, dan berdiri tepat di bawah tebing raksasa. Bahkan, tak sedikit pula bagian rumah yang menyatu langsung dengan tebing. Jalan kota pun terlihat seperti terowongan karena beratapkan tebing.

Comments
1 Comments

1 comment:

  1. KLIK DISINI Kalian Bisa Mendapatkan Bonus Yang Banyak Dan Menguntungkan

    ReplyDelete